
ANALISIS MASALAH SISWA SMA/SMK DI KOTA SEMARANG
Titin Suprihatin
Fakultas Psikologi Universitas Islam Sultan Agung Semarang
INTISARI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk permasalahan siswa SMA/SMK yang ditangani oleh guru BK di sekolah dan bagaimana cara guru BK menangani permasalahan tersebut. Responden penelitian adalah 15 guru BK SMA/SMK di Semarang. Data diperoleh melalui wawancara semi terstruktur dan data dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa area permasalahan siswa meliputi kategori pelanggaran tata tertib sekolah, masalah akademik, masalah pribadi (keluarga) dan sosial. Cara guru menangani permasalahan dapat dikelompokkan menjadi konseling individual, konseling kelompok, pemberian peringatan, dan pemberian sanksi atau hukuman.
Kata Kunci : Konseling, Masalah akademik, masalah pribadi
Full text :
Leave a reply
Leave a reply